Uji Efektivitas Ekstrak Daun Singkong Karet (Manihot gglaziovii) Terhadap Proses Penyembuhan Luka Sayatan Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Authors

  • Yunice Asmuruf Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Silvana L. Tumbel Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Jeane Mongi Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Yessie K. Lengkey Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Wilmar Maarisit Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Friska M. Montolalu Program Studi Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Margaretha S. Ginting Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Kristen Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.55724/jbiofartrop.v7i1.424

Keywords:

Efektivitas, luka sayat, ekstrak, tikus putih

Abstract

Negara Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati yang dapat diolah menjadi berbagai macam obat yang dapat dimanfaatkan dalam semua aspek kehidupan manusia.  Salah satu tanaman yang digunakan adalah daun singkong karet yang mengandung flavonoid, saponin, dan tanin yang diketahui mempunyai aktivitas sebagai antibakteri dan juga memiliki efek dalam mengobati luka pada tikus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas ekstrak daun singkong karet (Manihot glaziovii) terhadap proses penyembuhan luka sayatan. Penelitian ini menggunakan tikus putih jantan sebanyak 15 ekor dengan membuat luka sayat di punggung tikus. Penelitian ini menggunakan bentuk ekspreimen laboratorium dengan 5 perlakuan yang terdiri dari negative control, positive control dan 3 konsentrasi bertingkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong karet konsentrasi 15 persen memberikan efek penyembuhan yang lebih efektif dibandingkan dengan ekstrak konsentrasi 5 persen dan ekstrak konsentrasi 10 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Asmuruf, Y., Tumbel, S. L., Mongi, J., Lengkey, Y. K., Maarisit, W., Montolalu, F. M., & Ginting, M. S. (2024). Uji Efektivitas Ekstrak Daun Singkong Karet (Manihot gglaziovii) Terhadap Proses Penyembuhan Luka Sayatan Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). Biofarmasetikal Tropis (The Tropical Journal of Biopharmaceutical), 7(1), 22–26. https://doi.org/10.55724/jbiofartrop.v7i1.424

Issue

Section

Articles