Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Telemedika Farma 14 Manado

Authors

  • Deby Mongi Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Douglas Pareta Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Wilmar Maarisit Universitas Kristen Indonesia Tomohon https://orcid.org/0000-0002-8564-5056
  • Jabes kanter Universitas Kristen Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.55724/j.biofar.trop.v3i2.286

Keywords:

evaluasi, pelayanan, kefarmasian,apotek

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh bagaimana sistem pelayanan kefarmasian di Apotek Telemedika Farma 14 Manado. Responden dalam penelitian ini adalah Apoteker Pengelolah Apotek (APA), Tenaga Teknis Kefarmasian. Berdasarkan hasil penelitian maka di dapatkan hasil bahwa standar pelayanan kefarmasian yang ada di Apotek Telemedika Farma 14 Manado belum sepenuhnya menerapkan standar pelayanan kefarmasian berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan. Standar pelayanan kefarmasian pada pelayanan informasi obat tidak dilakukan informasi kepada konsumen terkait farmakokinetik. Pada saat konseling tidak dilakukan konseling yang terdokumentasi. Pelayanan kefarmasian dirumah belum sepenuhnya dilaksanakan. Pemantauan terapi obat tidak melakukan pemilihan pasien sesuai kriteria, dan tidak melakukan dokumentasi pelaksanaa pemantauan terapi obat. Pelayanan Kefarmasian Di Rumah dan Monitoring Efek Samping obat belum dilakukan sepenuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Mongi, D., Pareta, D., Maarisit, W., & kanter, J. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Telemedika Farma 14 Manado. Biofarmasetikal Tropis (The Tropical Journal of Biopharmaceutical), 3(2), 65–71. https://doi.org/10.55724/j.biofar.trop.v3i2.286