Uji Efektivitas Infusa Biji Ketumbar Coriandrum sativum L. Sebagai Antikolesterol Pada Tikus Putih Rattus norvegicus

  • Diana V. Hamel Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Christel Sambou Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Ferdy A. Karauwan Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • Margaretha Ginting Universitas Kristen Indonesia Tomohon
Keywords: Infusa, Coriandrum sativum L, Anti-Kolesterol, Rattus norvegicus

Abstract

Biji Ketumbar Coriandrum sativum L meruapakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai penurun kadar kolesterol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa yang terkandung dalam infusa biji ketumbar (Coriandrum sativum L.) dan efektivitas infusa biji ketumbar sebagai antikolesterol terhadap tikus putih (Rattus norvegicus). Dalam penelitian ini dilakukan lima perlakuan, yaitu dengan konsentrasi 2.5 g, 5 g, 10 g, simvastatin dan aquades. Setiap perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan.

Hasil penelitian ini didapatkan infusa biji ketumbar (Coriandrum sativum L.) menujukkan bahwa semakin tinggi dosis infusa biji ketumbar yang diberikan maka rentang penurunan kadar kolesterol darah akan lebih besar. Hasil dari perlakuan dosis 10 g (900 mg) mengalami penurunan ya g lebih baik sama dengan kontrol positif dan lebih efektif walaupun berdasarkan uji statistik tidak terdapat perbedaan yang bermakna antar perlakuan.

 

Published
2021-04-28
How to Cite
Hamel, D., Sambou, C., Karauwan, F., & Ginting, M. (2021). Uji Efektivitas Infusa Biji Ketumbar Coriandrum sativum L. Sebagai Antikolesterol Pada Tikus Putih Rattus norvegicus. Biofarmasetikal Tropis, 4(1), 45-52. Retrieved from https://journal.fmipaukit.ac.id/index.php/jbt/article/view/307
Section
Articles