Uji Efektivitas Antidiabetes Ekstrak Daun Benalu (Helixanthera cylindrica (Jack) Danser) Di Tanaman Kelor Pada Tikus Putih (rattus norvegicus) Yang Diinduksi Aloksan

Authors

  • Filia Krisna Wilar Universitas Kristen Indonesia TOmohon
  • Jeane Mongi
  • Jabes Kanter Universitas Kristen Indonesia Tomohon https://orcid.org/0000-0002-8564-5056
  • Yessie K. Lengkey Universitas Kristen Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.55724/jbiofartrop.v5i1.318

Keywords:

Benalu, Helixanthera cylindrica (Jack) Danser, Diabetes Melitus.

Abstract

Pengobatan tradisional menggunakan tanaman sebagai bahan baku sudah dilakukan sejak zaman dahulu termasuk di Sulawesi utara. Sampai saat ini masih ada sebagian masyarakat masih menggunakan tanaman untuk mengobati beberapa penyakit salah satunya yaitu Diabetes Melitus. Penyakit diabetes melitus terdiri dari beberapa tipe, tipe I memerlukan seperti insulin yang disuntikan dan tipe II memerlukan obat-obatan  sintetis antidiabetes, sehingga perlu dicari alternative pengobatan menggunakan tumbuhan atau tanaman dari bahan alam. Salah satu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes melitus yakni tumbuhan benalu pada pohon Kelor yaitu Helixanthera cylindrica (Jack) Danser. Benalu Helixanthera cylindrica (Jack) Danser merupakan tumbuhan semi-parasit yang hidup bergantung pada tumbuhan inangnya, sehingga kandungan senyawa aktif yang dimiliki benalu Helixanthera cylindrica (Jack) Danser sama dengan tumbuhan inangnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas antidiabetes ekstrak daun benalu Kelor Helixanthera cylindrica (Jack) Danser pada tikus putih yang diinduksi aloksan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental labororatorium dan menggunakan Metode RAL, 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. kontrol negatif aquadest, konsentrasi 75, 150, 300 mg/kgBB ekstrak daun benalu Kelor Helixanthera cylindrica (Jack) Danser, dan kontrol positif metformin.

Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak daun benalu Kelor Helixanthera cylindrica (Jack) Danser mampu menurunkan kadar gula darah, yaitu pada dosis 75mg/kgBB dengan nilai rata-rata penurunan 27,80%, dosis 150mg/kgBB dengan nilai 56.52% dan dosis 300 mg/kgBB hanya terjadi pada ulangan pertama dan kedua, secara keseluruhan dosis 300mg/KgBB memberikan efek penurunan melainkan peningkatan -0,88%.

Kesimpulan penelitian dari ekstrak daun benalu Kelor Helixanthera cylindrica (Jack) Danser Dosis 150mg/KgBB memberikan efektivitas penurunan kadar gula darah lebih tinggi dari Dosis75 mg/KgBB.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Wilar, F. K., Mongi, J., Kanter, J., & Lengkey, Y. K. (2022). Uji Efektivitas Antidiabetes Ekstrak Daun Benalu (Helixanthera cylindrica (Jack) Danser) Di Tanaman Kelor Pada Tikus Putih (rattus norvegicus) Yang Diinduksi Aloksan. Biofarmasetikal Tropis, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.55724/jbiofartrop.v5i1.318

Issue

Section

Articles